Minggu, 25 Mei 2008

3. TEORI KONSTRUKTIVISME

Teori konstruksivisme didefinisikan sebagai pembelajaran yang bersifat generatif, yaitu tindakan mencipta sesuatu makna dari apa yang dipelajari. Konstuksivisme adalah salah satu pengetahuan yang menekankan bahwa pengetahuan adalah bentuk (konstruksi) kita sendiri (Von Glaserfeid). Pengetahuan bukan tiruan dari realitas, bukan juga gambaran dari dunia kenyataan yang ada. Pengetahuan merupakan hasil dari kontruksi kognitif melalui kegiatan seseorang dengan memuat struktur, kategiri, konsep, dan skema yang diperlukanuntuk membentuk pengetahuan tersebut.
Bermakna dan Menghafal
Menurut Ausubel, ada dua macam proses belajar yakni belajar bermakna dan menghafal. Belajar bermakna berarti, informasi baru diasimilasikan dalam struktur pengertian lamanya. Belaja menghafal hanya perlu bila pembelajar mendapatkan fenomena atau informasi yang sama sekali baru dan belum ada hubungannya dalam struktur pengertian lamanya.

1 komentar:

imam syafi'i mengatakan...

berarti setiap individu memiliki pengetahuan (bc. pengertian) yang berbeda terhadap suatu pengetahuan yang sama. apa maksudnya begitu??
saya kurang paham, maaf, cz, IQ saya kurang memadai.
mohon penjelasannya